Laboratorium PCR Untuk Covid-19 Siap Beroperasi

  • Whatsapp
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey meninjau kesiapan Laboratorium PCR

WARTA1.NET – Juru Bicara Satgas COVID-19, dr Steaven Dandel lewat konferensi pers dalam jaringan (daring), Sabtu (2/5/2020) menyatakan Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk Covid-19 di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado siap beroperasi Minggu (3/5/2020).

“Di Laboratorium PCR ini bisa 90 sampel untuk satu kali running dan memakan waktu 9 sampai 12 jam, jika petugas bekerja 1×24 jam jadi bisa 180 sampel yang dites,” jelas Dandel.

Bacaan Lainnya

dr. Steaven Dandel – Juru Bicara Satgas COVID-19 Sulut

Proses swab test COVID-19 ini lanjut Dandel, cukup rumit sehingga butuh kehati-hatian dari petugas.

“Sampel diambil dari cairan hidung dan tenggorokan untuk itu petugas harus hati-hati. Ada 9 petugas yang di tempatkan di Laboratorium PCR dan nantinya bekerja shift untuk menjaga stamina,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat meninjau kesiapan laboratorium Kamis (30/4/2020) lalu berharap, Lab-PCR ini dapat meningkatkan kecepatan diagnose dan kecepatan penentuan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Sulut, sehingga tenaga medis dapat segera memberikan penanganan yang tepat bagi PDP, baik yang meninggal maupun yang membutuhkan pengobatan Iebih lanjut.

“Kita tidak lagi menunggu hasil tes dari Makassar maupun Jakarta. Sebagai contoh kita sudah mengirimkan hampir 200 sampel untuk melihat hasil swab kita, tapi yang turun sampai hari ini baru 72 jadi masih ada 100 lebih yang belum turun hasil dari Jakarta,” kata Olly.

Olly juga optimis jumlah pasien covid-19 yang sembuh akan terus meningkat. Diketahui hingga Rabu kemarin tercatat dari 44 pasien covid-19 di Sulut, 14 diantaranya telah sembuh.

“Nah ini kita harus berdoa terus sehingga bisa cepat sembuh orang-orang yang terdampak covid-19 ini,” ujar Olly.(Red/***)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *