Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana 2022, Joune Ganda Minta Partisipasi Semua Pihak

  • Whatsapp

Minahasa Utara, Warta1.net –Berdasarkan Undang – undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana dalam pasal 8 berisi tanggung jawab pemerintah daerah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana serta menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo pada Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2022.

Maka sebagai upaya menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) menggelar apel kesiapsiagaan bencana di lapangan upacara Pemkab Minut, Selasa (26/4/2022).

Bacaan Lainnya

Apel yang dihadiri Wakil Bupati Minut Kevin William Lotulung, Forkopimda, Sekertaris Daerah dan jajaran, para pejabat TNI, Polri, dan Basarnas Manado serta tamu undangan ini dipimpin langsung oleh Bupati Minut Joune Ganda.

Dalam arahannya Bupati Joune Ganda mengatakan bahwa Indonesia tangguh bencana harus dilakukan oleh semua pihak, karena penanggulangan bencana adalah urusan bersama.

“Pembangunan sistem edukasi kebencanaan berkelanjutan di daerah rawan bencana, budaya sadar bencana harus dimulai sejak dini mulai dari individu, keluarga, komunitas, sekolah sampai lingkungan masyarakat,” kata Bupati sembari berharap adanya

Lebih lanjut dikatakan Bupati, partisipasi masyarakat sangatlah penting dalam penanggulangan bencana, sehingga perlu dibangun kesadaran masyarakat terhadap bencana.

“Saya menghimbau kepada segenap komponen yang tergabung dalam 5 unsur Pentahelix yaitu Pemerintah, Masyarakat/Komunitas, Akademisi, Pengusaha dan Media untuk senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan Kabupaten Minut yang hebat untuk kemajuan dan kesejahteraan berlandaskan iman dan gotong royong.

Pelaksanaan apel kesiapsiagaan bencana ini juga berhubungan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2022 dengan tema mengangkat tema “Siap untuk Selamat”.

“Maka dari pada itu, dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan bencana di Kabupaten Minut maka dibutuhkan koordinasi, kesiapsiagaan personil dan pengkajian secara cepat dan tepat terhadap lokasi, kerusakan dan sumber daya alam,” tutup Joune Ganda.

(Adv/Jap)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.