15,6 Miliar KUR Parekraf Diluncurkan Untuk Pengembangan UMKM di DPSP Likupang

  • Whatsapp

Minahasa Utara, Warta1.net – Destinasi Pariwisata Super Pariwisata (DPSP) Likupang membawa berkah besar bagi Kabupaten Minahasa Utara, pasalnya Miliaran rupiah terus telah mengalir untuk mendukung pengembangan baik pembambangunan fisik maupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada disekitar DPSP.

Sebesar Rp 15,6 Miliar disalurkan 4 bank melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor Pariwisata Ekonomi Kreatif (Parekraf) yang diserahkan secara simbolis pada kegiatan Direktorat Akses Pembiayaan Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bertajuk Literasi Keuangan Desa Wisata di Desa Marinsow, Likupang Timur, Sabtu (30/7/2022).

Bacaan Lainnya

Untuk pembiayaan KUR/Debitur Bank BRI Daerah Likupang diterima oleh:

-Yet Abdas plafond Rp15 juta untuk Jasa Akomodasi Lainnya KUR Mikro,

-Sardius Talibana plafond Rp 20 juta untuk kuliner KUR Mikro,

-Chalsum Dwi Ningrum berjumlah Rp 10 juta untuk Jasa Akomodasi Lainnya, KUR Mikro.

 

Perwakilan pembiayaan KUR/Debitur Bank Mandiri Daerah Likupang diterima oleh :

– Fiven Laurry Feyby Weku berjumlah Rp 50 juta untuk Kuliner olahan KUR Mikro,

-Maisje Maria Rau berjumlah Rp 200 juta Kuliner, KUR Kecil,

-Frans Bernard Rottie, Plafond Rp 100 juta untuk Jasa Angkutan/Travel, KUR Kecil.

 

Perwakilan pembiayaan KUR/Debitur Bank BCA Daerah Likupang diterima oleh :

-Indria Lighaya Suwu, berjumlah Rp 350 juta untuk kuliner, KUR Kecil,

-Agustien Tineke Kandou, berjumlah Rp 150 Juta untuk Kuliner KUR Kecil,

 

Untuk pembiayaan KUR/Debitur Bank BPD SulutGo Daerah Likupang diterima oleh:

-.Johanes Hamdie Christian Pontoh, Plafond Rp 25 juta Kriya, KUR Mikro,

-.Rommy Joeseph Katuuk, Rp 30 juta untuk Kriya, KUR Mikro.

Dalam kegiatan Literasi Keuangan Desa Wisata itu, dilakukan juga Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama PKS antara Sarana Multigriya Finansial (SMF) dengan Desa Wisata Paputungan dan Palaes, terkait fasilitasi kredit pembiayaan Homestay, sekaligus Penyerahan Simbolis pembiayaan Homestay dengan total jumlah kredit yang disalurkan sebesar 1,4 Milyar rupiah.

Bantuan KUR untuk mendukung DPSP Likupang bersumber dari BRI Rp 6,1 miliar, Bank Mandiri Rp 5,6 miliar, BPD SulutGo Rp 2,3 miliar dan dari BCA Rp 1,6 miliar.

Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E, M.A.P menyampaikan salut serta apresiasi atas perhatian dan bantuan KUR untuk masyarakat Minahasa Utara, untuk pengembangan DPSP Likupang.

Hal ini merupakan bentuk dukungan besar serta perhatian dari Kementerian serta Perbankan, Bupati Joune Ganda juga menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia sebagai motor untuk perbankan.

Untuk itu Bupati mengajak para penerima KUR agar dapat mengelolah suntikan dana tersebut untuk pengembangan usaha dalam menopang DPSP Likupang sebagai kebanggan Minahasa Utara.

“Bantuan ini untuk pemulihan dan menguatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi serta untuk pengembangan DPSP Likupang,” tuturnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, DR Sandiaga Salahudin Uno B.B.E, M,B,A mengatakan, DPSP Likupang harus dikembangkan, dan pemerintah pusat sangat perhatian dengan pengembangan DSP Likupang. Diapun mengajak para investor untuk bisa berinvestasi di Minahasa Utara, termasuk investasi perhotelan, serta lembaga keuangan untuk berkolaborasi dan kembangkan layanan, seperti layanan digital banking, marketing online, CSR, program kemitraan bina lingkungan untuk UMKM.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif selaku Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Henky H.P. Manurung, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Henry Katjily, Kepala OJK Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara Winter Marbun, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara Fernando R.Butarbutar, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara, Audy F. Sambul, Regional CEO Bank BRI Area Suluttenggomalut, Luthfi Iskandar, Kepala Kantor Wilayah Bank Mandiri Eddy Efrata Sinulingga, Kepala Kantor Cabang Utama BCA Manado, Liau Jung Nyap, Pemimpin Divisi Kredit Komersial Bank SulutGo, Nasrudin Herlambang, Plh. Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Rita Dwi Kartika Utami, Koordinator Perbankan Kemenparekraf/Baparekraf, Mugiyanto, Direktur Keuangan dan Operasional SMF, Bonai Subiakto, Ketua Tim Pembiayaan Homestay PT SMF Slamet Prabowo, Para pejabat dari Desa Wisata Marinsow, Paputungan, dan Palaes, perwakilan BUMDES Desa Wisata Marinsow, Paputungan, dan Palaes.

(Jap) 

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.