Ranperda Pengurangan Pajak dan Retribusi KEK Likupang Disetujui Menjadi Perda

  • Whatsapp

Minahasa Utara, Warta1. net- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Senin (31/10/2022) mengelar paripurna pembicaraan tingkat II atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kab. Minut tentang pengurangan, keringanan dan pembebasan pajak dan retribusi daerah pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang.

Bacaan Lainnya

Ketua DPRD Minut Denny Lolong, S. Sos yang didampingi Wakil Ketua Olivia Mantiri mengatakan bahwa sebelumnya Pemerintah Kab. Minut bersama 5 fraksi telah menyetujui ranperda tersebut untuk dibicarakan pada tingkat selanjutnya.

“Bersama dengan pihak eksekutif Pemerintah Kab. Minut, Panitia Khusus (Pansus) yang diketuai oleh Arnold Lamuni telah melakukan serangkaian kegiatan berupa rapat pembahasan dan fasilitasi ke Gubernur Sulut terhadap materi muatan Ranperda yang pada intinya Ranperda tersebut telah selesai dibahas untuk mendapat persetujuan bersama, ” tutur Delon sapaan akrab ketua DPRD Minut.

Setelah mendapat persetujuan Ranperda pengurangan, keringanan dan pembebasan pajak dan retribusi daerah di KEK Likupang dari forum paripurna maka Ketua DPRD memberi kesempatan kepada Sekertaris Dewan Jossy Kawengian untuk membacakan naskah keputusan DPRD.

 

 

Sementara, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, SE, MAP dalam sambutannya secara virtual memberikan apresiasi kepada Pansus yang telah bekerja keras bersama pihak-pihak yang terkait dalam pembahasan sampai pada tahap ini.

“Terima kasih kepada DPRD Kab. Minut dan semua pihak terkait yang sudah menyetujui Ranperda ini mendajadi Perda karena dengan adanya pemberian fasilitas atau insentif untuk investasi sesuai kewenangan Pemerintah daerah yang diberikan dalam ketentuan peraturan perundang – undangan sebagaimana yang dimaksud,” Ucap Bupati.

Bupati juga berharap hal ini akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah sehingha berimplikasi terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat daerah.

“Manfaat yang besar akan dirasakan khususnya oleh masyarakat di Kab.Minut, seiring dengan perkembangan investasi yang besar dan dengan usaha keras, kerja hebat serta sinegritas bersama para pelaku usaha, investor dan pemerintah, ” Kata Bupati mengakhiri sambutannya.

Dalam paripurna yang dihadiri Wakil Bupati Minut Kevin Lotulung, anggota DPRD, Forkopimda, kepala OPD,  para asisten, Direktur PUD Klabat dan PDAM, serta tamu undangan lainnya juga membahas tentang penetapan program pembentukan peraturan daerah Kab. Minut tahun 2023 serta pembicaraan tingkat I atas Ranperda Kab. Minut tentang perubahan kedua atas peraturan daerah nomor 5 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah.

(Jap) 

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *