Sudah 54 Kasus di Kota Manado, Steaven Dandel Imbau Masyarakat Waspadai DBD

  • Whatsapp

Manado, Warta1.net -Memasuki awal tahun 2024, telah terjadi 54 kasus DBD yang ada di Kota Manado. Untuk itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado dr Steaven Dandel MPH mengimbau agar masyarakat Kota Manado untuk mewaspadai bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Syukur tidak ada kasus meninggal akibat DBD. Angka ini lebih tinggi dari total kasus sepanjang Desember tahun lalu sebanyak 40-an kasus,” kata Dandel, Selasa (16/01/24).

Bacaan Lainnya

Tren kasus DBD naik sejak akhir tahun lalu. “Perlu diwaspadai ini musim hujan, setelah itu jentik nyamuk bisa banyak dan potensi kasus meningkat,” katanya lagi.

Karena itu, Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Kesehatan Kota Manado mengimbau masyarakat menjaga kebersihan. Paling utama ialah membasmi sarang nyamuk.

“Caranya dengan rajin membersihkan got, saluran air, memeriksa secara berkala tempat penampungan air dan wadah lainnya,” tuturnya.

Dirinya berharap masyarakat mengantisipasi jangan sampai terjadi lonjakan kasus seperti tahun 2019 yang mencapai seribuan kasus dalam sebulan.

“Kalau hanya seratusan kasus, fasilitas kesehatan kita masih bisa menangani, kalau lebih bisa keteteran. Karena itu masyarakat harus juga mencegah,” pungkasnya.

(FINA)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *