Gelar Pesta Adat Tulude, Desa Tanah Putih Tampilkan Pagelaran Seni Budaya

  • Whatsapp

Minahasa Utara, Warta1.net  – Desa Tanah Putih, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Jumat (02/02/2024) kembali menggelar Upacara Adat Tulude.

Tahun ini, Ramsey Kakondo yang merupakan Hukum Tua Desa Tanah Putih berinofasi mengabungkan pesta adat tulude dengan pagelaran seni budaya yang menampilkan tarian adat, vocal grup masamper, musik kolintang dan musik bambu yang dibawakan oleh masyarakat desa tanah putih serta perwakilan dari sejumlah desa yang ada di kecamatan likupang barat.

Bacaan Lainnya

“Pesta adat ini bukan hanya tradisi yang dilakukan setiap tahunnya, tetapi merupakan warisan para leluhur masyarakat Kepulauan Nusa Utara yang harus terus dilestarikan dan diturunkan keanak – cucu kita,” terang Hukum Tua.

Lebih lanjut, Ramsey menjelaskan bahwa uapacara adat ini merupakan bentuk ucapan syukur masyarakat desa tanah putih atas berkat yang diberikan Tuhan.

Mewakili Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, Camat Likupang Barat Maikel Parengkuan mengatakan ini adalah bukti ucapan syukur pemerintah dan masyarakat desa tanah putih atas berkat Tuhan.

“Upacara tulude ini merupakan kearifan lokal yang harus terus dijaga, untuk itu kami sebagai pemerintah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini,” kata Camat Maikel Parengkuan saat membacakan sambutan Bupati.

Pesta adat ini diawali dengan penyambutan Hukum Tua Desa Tanah Putih bersama isteri dan dilanjutkan dengan pemotongan kue tamo dan ibadah syukur yang dihadiri Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jack Paruntu, Kepala Dinas Perpustakaan, Anggota DPRD Arlens Pungus dan Arnol Lamuni, Kapolsek Likupang, perangkat dan masyarakat desa tanah putih serta para tamu undangan lainnya.

(Jap) 

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *