Pemkot dan Baznas Manado Berbagi Zakat Kepada Mustahik Saat Buka Puasa Bersama

  • Whatsapp

Manado, Warta1.net -Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Manado melaksanakan buka puasa bersama sekaligus memberikan penghargaan kepada Muzaki dan UPZ aktif serta distribusi paket Ramadhan, bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Rabu (03/04/24).

Asisten III Kota Manado, Harke Tulenan dalam sambutannya mewakili Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang menyampaikan puji dan syukur kehadirat Tuhan yang maha kuasa sehingga bisa mengikuti buka puasa bersama pimpinan Baznas Kota Manado yang dirangkaikan dengan penyaluran zakat.

Bacaan Lainnya

“Bulan Suci Ramadhan ini merupakan bulan yang begitu istimewa bagi umat Islam sehingga harus diisi dengan amalan yang benar – benar mencerminkan jati diri sebagai umat Islam serta menumbuhkan rasa empati dan peduli kepada orang lain,” kata Tulenan.

Dirinya mengingatkan segala sesuatu yang baik berasal dari kepedulian. Satu hal kecil yang tumbuh dari kepedulian niscaya membawakan kebaikan dan satu kebaikan kecil dari satu orang mungkin dapat menolong hidup seseorang.

“Berbagi kepedulian ini penting sebagai pendorong semangat dan sebagai teladan bagi kita sekalian untuk senantiasa berbuat kebaikan. Karena satu kebaikan kecil dari satu orang dapat menyegarkan bahkan menyelamatkan hidup seseorang dan pada gilirannya berbuahkan kebaikan bagi masyarakat bahkan bangsa dan negara,” tuturnya.

Dengan momentum di bulan Suci Ramadhan ini, Dirinya mengajak untuk saling berkokoh, bersilaturahmi dalam merangkul persatuan untuk sukses membangun Kota Manado yang maju dan sejahtera. Jadikan hidup itu berguna bagi diri dan sesama manusia.

“Mari membangun kerukunan dan toleransi antar umat beragama, mari jaga keamanan dan ketertiban bersama, saling menerima dan berbagi melalui dialog kerjasama dan sinergi untuk Manado aman, rakyat tenang. Jadi pelindung dan pelestari alam. Mulailah dari memelihara kebersihan rumah dan lingkungan maka Manado akan bersih dan nyaman maka masyarakat pun sehat dan sejahtera,” ujarnya.

“Sekali lagi mewakili Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1445 H semoga Allah Tuhan yang maha kuasa menerima seluruh amal ibadah kita dan melimpahkan rahmat dan hidayahnya serta menyertai kita semua,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Manado Taufiq Permata mengatakan dimana kegiatan buka puasa bersama ini sekaligus memberikan penghargaan dan pemberian santunan atau zakat yang berasal dari ASN Pemkot Manado.

“Ini adalah acara penyaluran distribusi dimana berbeda dengan acara seremonial. Kita menyalurkan zakat, infaq dan sedekah yang dikumpulkan oleh Baznas yang sumbernya dari ASN Pemkot Manado yang beragama muslim di lingkungan Pemerintah Kota Manado,” ucap Taufiq.

Menurut Taufiq, Baznas itu ada nomenklaturnya untuk mengeluarkan penyaluran zakat, minimal dia harus masuk asnaf atau disebut dengan penerima manfaat (Mutahik).

“Terima kasih atas bantuan dari Pemkot Manado khususnya ASN, kiranya dapat termotivasi bagi kami. Baznas ini harus dibicarakan tentang penarikan zakat di lingkungan Pemkot Manado karena zakat ini adalah lembaga yang batas. Kita mengelolah zakat, bukan ormas karena ini lembaga negara yang ditugaskan untuk mengumpulkan zakat yang ada di Kota Manado. Baznas ini bukan karena semata – mata kelembagaan tapi semata – mata adalah bagaimana kita meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kota Manado,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan buka puasa bersama, Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Manado M.Sofyan, Pimpinan Baznas Provinsi Sulut Hj. Agus Budiarso, Mewakili Kementerian Agama, Staf Khusus Walikota, Pengurus Baznas Kota Manado dan undangan lainnya.

(FINA)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *