Jalani Sidang Tipiring, 18 Pelanggar di Kota Manado Denda Rp.100.000-RP.500.000

  • Whatsapp

Manado, Warta1.net -Satuan Tugas Operasi Gabungan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado kembali melaksanakan Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) bertempat di Basement GMIM Syaloom, Kelurahan Karombasan Utara, Kecamatan Wanea, Jumat (26/04/24).

Sidang Tipiring dipimpin oleh Majelis Hakim Felix Ronny Wuisan SH, MH dengan Peraturan Daerah (Perda) No. 2 Tahun 2019 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) dan pelanggar Perda No. 1 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah dan Perda No. 2 Tahun 2021 tentang Minuman Alkohol/Miras.

Bacaan Lainnya

Majelis Hakim menegaskan bahwa sidang ini ditetapkan untuk membuat jera para pelanggar. Terkait dengan penegakan dalam perda yang ada, kedapatan 18 pelanggar dengan 2 diantaranya pelanggaran miras tanpa izin.

“Kami memberikan denda kepada para pelanggar agar masyarakat jera dan tidak dapat mengulanginya lagi. Pelanggar dikenakan denda RP. 100.000-RP.500.000,” ucap Wuisan.

Katanya lagi, Kami dari pihak pengadilan tentunya sangat mengapresiasi pihak Pemkot Manado yang sudah memfasilitasi. Agenda seperti ini kiranya dapat terus dilakukan, karena kegiatan seperti ini bagus untuk masyarakat yang ada di Kota Manado.

“Harapan kedepannya, kita semua lebih memahami dan memenuhi kebutuhan bersama agar kita bisa menyadari hukum dan keadilan,” tuturnya.

Sementara itu, Kasat Pol-PP Yohanis Waworuntu S.E, M.Si Kota Manado mengatakan hari ini adalah awal tahun 2024 bisa melaksanakan kegiatan sidang di tempat yaitu sidang tipiring dengan penegakan tindakan pidana ringan.

“Tadi kita sudah melihat dari majelis hakim memberikan keputusan terhadap pelanggaran tersebut. Kegiatan ini tidak semata – mata untuk mencari kesalahan dari warga masyarakat, namun demikian ini merupakan suatu edukasi bagi kita sekalian untuk tidak melakukan pelanggaran – pelanggaran terhadap peraturan yang ada,” ucap Waworuntu saat didampingi Kabag Hukum Pemkot Manado Eva Pandensolang SH, MH, Sekpol PP Kristian Salindeho SH dan Kabid Heri Ratu.

Pemerintah Kota Manado dalam hal ini pak Walikota Andrei Angouw dan pak Wakil Walikota Richard Sualang juga bersama rekan – rekan stakeholder terkait tentunya berharap kepada warga Kota Manado agar kedepan kita tanpa harus ditakut – takuti oleh aturan yang ada tapi atas kesadaran sendiri agar melaksanakan aturan tersebut.

“Sekali lagi saya mewakil Walikota Manado pak Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengadilan negeri dalam hal ini selaku Majelis Hakim yang memimpin sidang saat ini, juga kejaksaan negeri, TNI Polri, Kodim, Polres, Denpom, Pomal, Lurah Karombasan Utara dan Ketling yang sudah ikut membantu dalam kegiatan ini,” pungkasnya.

(FINA)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *